Logika dan Algoritma QUIZ UAS (Soal Latihan)

1.Misal terdapat 3 buah program (n=3) yang masing-masing mempunyai panjang (L1, L2, L3) = (15, 20, 10). Tentukan urutan penyimpanan secara berurutan agar optimal dan jumlah panjang program dari urutan optimal tersebut.

A.Urutan 2, 1, 3 dengan Panjang = 100
B.Urutan 1, 3, 2 dengan Panjang = 70
C.Urutan 3, 1, 2 dengan Panjang = 80
D.Urutan 3, 2, 1 dengan Panjang = 75

2.Yang bukan merupakan notasi pada menara Hanoi adalah:

A.Menara (n, Asal, Bantu, Tujuan)
B.Menara (n, Bantu, Asal, Tujuan)
C.Menara (n-1, Asal, Tujuan, Bantu)
D.Asal > Tujuan

3.Dari urutan data berikut:

-3, -1, 5, 9, 12, 14, 17, 21, 23

berapa operasi perbandingankah yang dilakukan untuk mengetahui hasil MAX dan MIN ?

A. 8
B. 16
C. 9
D. 18

4.Pada Array 2 Dimensi dengan Ordo 4x4, dengan kondisi A[I,J] = -J , Jika I <= J, A[I,J] = J, Jika I>J.
Dari pernyataan diatas nilai dari A[3,2] adalah :

A. 2
B. 3
C. -2
D. Salah Semua

5.Diberikan penggalan algoritma:

while (x<7) do {
cout <<x;
x--;
}

Apabila nilai awal X adalah 10, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah:

A.10, 9, 8, 7
B.10, 9, 8
C. 10, 9, 8, 6
D. Salah semua

6.Bila terdapat deret data atau angka sebanyak 1050 buah dan kita akan melakukan pencarian data pada deret tersebut dengan teknik linier search, maka akan membutuhkan waktu maksimal :

A. 950 kali
B. 525 kali
C. 1050 kali
D. 1049 kali


7.Panjang Jalur terpendek dari simpul A ke F adalah:

A.38
B.37
C. 35
D. 34

8.Dari urutan data berikut:
15, 12, 7, 5, 3, -1, -5
berapa operasi perbandingankah yang dilakukan untuk mengetahui hasil MAX dan MIN ?

A. 6
B. 12
C. 9
D. 14

9.Yang bukan struktur dari flowchart adalah:

A.Branching
B.Recursive
C.Looping
D.Sederhana

(Untuk Nomor 10 s/d 12)
Diketahui bahwa kapasitas M=40 Kg,
dengan jumlah barang n=5.
Berat Wi masing-masing barang = (W1,W2,W3,W4,W5) = (14, 10, 20, 12, 16)
Nilai Pi masing-masing barang = (P1,P2,P3,P4,P5) = (28, 40, 70, 36, 24)

10.Pola urutan data yang baru untuk Wi adalah:

A.10, 12, 14, 16, 20
B.12, 14, 10, 20, 16
C. 10, 20, 12, 14, 16
D. 14, 10, 12, 16, 20

11.Pola urutan data yang baru untuk Pi adalah:

A.28, 70, 36, 40, 24
B.40, 70, 28, 36, 24
C. 24, 28, 36, 40, 70
D. 40, 70, 36, 28, 24

12.Profit nilai yang didapat adalah:

A.140
B.150
C.160
D.124

13.Yang bukan kriteria pemilihan algoritma adalah:

A.Efektif dan efisien
B.Ada input
C.Jumlah langkahnya berhingga
D.Berakhir


14.Pada model graph diatas, simpul yang selalu berwarna hijau adalah:

A.AC, BA, DE
B.CE, DA, BC, EC
C. AC, BA, DE, EA
D. BC, BE, BA

15.Berikut ini adalah metode yang digunakan pada teknik sorting, kecuali :

A. Buble
B. Heap
C. Greedy
D. Insertion


16.Diberikan matriks A sebagai berikut:

Perintah pokok yang digunakan pada pengisian matriks A adalah:


A.A[I,J] = 0 jika I > J; A[I,J] = I jika I <= J
B.A[I,J] = -I jika I > J; A[I,J] = 0 jika I <= J
C.A[I,J] = 0 jika I > J; A[I,J] = -I jika I <= J
D.A[I,J] = 0 jika I > J; A[I,J]= -J jika I <= J

17.Dalam masalah pewarnaan, Warna yang berbeda akan diberikan bila :

A. Simpul tidak berdampingan
B. Simpul berdampingan
C. Simpul tidak tehubung oleh Ruas
D. Simpul terhubung oleh Ruas




18.Berapa waktu minimal yang dibutuhkan untuk mencapai ke 5 simpul?

A.45
B.54
C. 52
D. 50

19.Dalam masalah PEWARNAAN, banyaknya warna yang dipergunakan sebaiknya:

A. se MAXIMAL mungkin
B.se OPTIMAL mungkin
C.se MINIMAL mungkin
D.Tidak ditentukan




20.Berapa minimum cost dari model graph diatas ini dengan menggunakan Minimum Spanning Tree ?

A.170
B.165
C.180
D.160

21.Graph yang nantinya dihasilkan dalam masalah TRAVELLING SALESMAN adalah :

A. Graph terbuka
B. Graph sederhana
C. Graph semi tertutup
D. Graph tertutup


22.Panjang Jalur terpendek dari simpul A ke E adalah:

A.40
B.28
C.20
D.37

23.Diberikan larik B[1..n] dengan algoritma sbb:

for (J=1;J<=n;J++)
{
B[ J ] = 4 * J – 4;
cout<<B[J];
}

Jika n=3, maka algoritma tersebut akan mengisi array B[ J ] dengan nilai :
A.12
B.0, 4, 8
C. 4, 8, 12
D. 0, 4, 8, 12

24.Diberikan suatu array A[1..4] dan B[1..4], dengan nilai

A = 3, 6, 9, 12 dan B = 2, 4, 6, 8. Suatu Algoritma:
Jumlah =0;
for(I=1;I<=4;I++)
Jumlah = Jumlah + A[ I ] – B [ I ];
cout<<Jumlah;

Bila algoritma dengan n=4 dikerjakan, maka nilai dari variabel Jumlah adalah:

A. 1, 2, 3, 4
B. - 10
C. 10
D. -1, -2, -3, -4

25. Menghitung jarak satu persatu sesuai dengan arah dari graph yang ditunjuk oleh tiap-tiap ruas/edge dan dilakukan terhadap ruas dari graph yang memiliki jalur awal dan jalur akhir adalah proses untuk mendapatkan solusi optimal dari permasalahan :

A. Knapsack
B. Shortest Path Problem
C. Knapsack Problem
D. Minimum Spanning Tree

26.Perintah pokok yang digunakan pada matriks B adalah:

B[I,J] = J * 2 jika I > J
B[I,J] = 0 jika I = J
B[I,J] = - J jika I < J

Matriks B yang akan dihasilkan adalah:












27. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda (1<k<n). Dari k subset yang berbeda akan terdapat k subproblem dan setiap subproblem mempunyai solusinya masing-masing. Hal ini merupakan prinsip dasar dari :

A. D and C
B. Sorting
C. Searching
D. Rekursif

28.Data:
-3 10 15 4 9 -2 16 13 17 11

Bagaimanakah hasil setelah iterasi ke-2 dengan menggunakan Merge Sort:

A. -3 4 10 15 -2 9 13 16 11 17
B. -3 -2 4 9 10 13 15 16 11 17
C. -2 -3 4 9 10 13 15 16 11 17
D. -3 10 4 15 -2 9 13 16 11 17

29.Diberikan suatu array A[1..4] dan B[1..4], Jumlah[1..4] dengan nilai
A = 3, 6, 9, 12 dan B = 2, 4, 6, 8.
Suatu Algoritma:
for (I=1;I<=4;I++)
{
Jumlah[ I ] = (A[ I ] + B [ I ]) / 5;
cout<<Jumlah[ I ];
}
Bila algoritma dengan n=4 dikerjakan, maka nilai dari variabel Jumlah adalah:

A. 1, 2, 3, 4
B. - 10
C. -1, -2, -3, -4
D. 5

30.Penyelesaian knapsack dengan Kriteria Greedy adalah dengan konsep dibawah ini , kecuali :

a. Pilih obyek dengan nilai Pi maximal
b. Pilih obyek dengan berat Wi minimal
c. Pilih obyek dengan Pi/Wi maximal
d. Pilih obyek dengan berat Wi maximal

Post a Comment

 
Top