(CONTOH) SOAL UAS TEKNIK PEMOGRAMAN BSI SEMESTER 3
[1]
1. Tahap dalam SDLC dimana system dievaluasi dan di pisahkan bedasarkan prioritas akan di pilih untuk pengembangan ,di lakukan pada tahap : |
a. Design |
d. Planning |
b. Implementation |
e. Analysis |
c. Maintenance |
|
|
2. Yang tidak termasuk langkah-langkah dalam merancang program dan merancang file adalah : |
a. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan data |
d. Menentukan parameter file |
b. Menentukan parameter dari program |
e. Menentukan banyaknya jumlah program |
c. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file |
|
|
3. Nama yang di buat pada saat file digambarkan dalam bentuk diagram (normalisasi) adalah parameter file: |
a. Nama file |
d. Organisasi file |
b. Kode file |
e. Type file |
c. Akronim file |
|
|
4. Dalam system pengajian dikenal istilah batch. Manakah dari spesifikasi kebutuhan di bawah ini yang memerlukan pemrosesan secara batch:
|
a. Absensi |
d. Golongan |
b. Slip gaji |
e. Tunjangan |
c. Laporan gaji |
|
|
5. Model dalam SDLC yang melibatkan pemakai secara intensif, sehingga pendefinisian kebutuhan pemakai menjadi lebih baik adalah:
|
a. Model Prototyping |
d. Model Incremental |
b. Model Waterfall |
e. Model RAD |
c. Model Spiral |
|
|
6. Di bawah ini yang merupakan Akronim file dari system pengajian adalah:
|
a. Nomor induk pegawai |
d. Parameter gaji |
b. Pegawai.myd |
e. Pegawai.prg |
c. Siswa01 |
|
|
7. Tidak bisa di lakukan pembacaan secara langsung, adalah ciri organisasi file: |
a. Index sequential |
d. Acak |
b. Sequential |
e. Index |
c. Random |
|
|
8. Dalam model operasi file, pengaksesan sebuah file dengan tujuan untuk mendapatkan informasi merupakan pengertian dari |
a. Insert |
d. Retrieaval |
b. Creation |
e. Maintenance |
c. Update |
|
|
9. Yang termasuk jenis table dinamik adalah :
|
a. Tabel dosen |
d. Table matakuliah |
b. Tabel nilai |
e. Table karyawan |
c. Table mahasiswa |
|
|
10. Dibawah ini akronim file dari database pegawai adalah :
|
a. Pegawai.com |
d. Pegawai.exe |
b. Pegawai.myd |
e. Pegawai.doc |
c. Pegawai.xls |
|
|
11. Pada metode file random,dapat terjadi munculnya alamat lebih dari satu kali yang dapat di atasi dengan teknik:
|
a. Penembahan record baru |
d. Penyimpanan sekunder |
b. Overflow location |
e. Pengalamatan absolute |
c. Pengalamatan relative |
|
|
12. Yang tidak termasuk kategori tipe file dinamik dalam sistem pengajian adalah: |
a. File gaji |
d. File golongan |
b. File transaksi |
e. File absensi_pegawai |
c. File laporan |
|
|
13. Tahapan dalam SDLC yang bertujan untuk memastikan bahwa sistem yang di gunakan oleh pihak pengguna benar-benar telah stabil dan terbebas dari error dan bug, adalah: |
a. Analysis |
d. Maintenance |
b. Design |
e. Planning |
c. Implementation |
|
|
14. Table yang digunakan untuk memperbarui table master dengan informasi yang baru :
|
a. Tabel output |
d. Tabel transaksi |
b. Table kerja |
e. Tabel referensi |
c. Tabel pustaka |
|
|
15. Tahap dalam SDLC di mana sumber daya baru direncanakan dan tanpa dana di sesuaikan untuk mendukung pengembangan sistem, adalah :
|
a. Design |
d. Maintenance |
b. Planning |
e. Implementation |
c. Analysis |
|
|
16. Nilai dan record-recordnya sering berubah atau sering di mutakhirkan (update) sebagai akibat dari suatu transaksi, merupakan jenis table :
|
a. Table kerja |
d. Table dinamik |
b. Table referensi |
e. Table back-up |
c. Table transaksi |
|
|
17. Model dalam SDLC yang di sebut linear sequintail model adalah: |
a. Model waterfall |
d. Model spiral |
b. Model incremental |
e. Model RAD |
c. Model prototyping |
|
|
18. Pada media penyimpanan SASD, data di simpan dalam bentuk |
a. Karakter |
d. Sector |
b. Record |
e. Karakter atau blok |
c. Blok |
|
|
19. Table yang di gunakan sebagai pelindung atau cadangan apabila table master hilang adalah :
|
a. Table pustaka |
d. Table history |
b. Table output |
e. Table back-up |
c. Table master |
|
|
20. Yang tidak perlu di pertimbangkan dalam organisasi file adalah:
|
a. Efisiensi penggunaan media penyimpanan (storage) |
d. Kecepatan akses dalam pengambilan data |
b. Kemudahan beroerganisasi data |
e. Kemudahan peremajaan (update/insert/delete) |
c. Kemudahan pembuatan file |
|
|
21. Nama yang di buat untuk menyimpan source program adalah parameter progam:
|
a. Nama program |
d. Fungsi program |
b. Organisasi program |
e. Akronim |
c. Kode program |
|
|
22. Akses data pada organisasi file random menggunakan |
a. Nomor indeks |
d. Field kunci |
b. Record |
e. Data masukan |
c. Data akses |
|
|
23. Langkah-langkah dalam merancang file adalah: |
a. Menentukan akronim file |
d. Menentukan nama file |
b. Membuat SDLC (Daur hidup system) |
e. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file dan parameter |
c. Analisa kebutuhan file |
|
|
24. Yang merupakan table jenis master
|
a. Table transaksi dan table referensi |
d. Table dinamik dan table transaksi |
b. Table referensi dan table kerja |
e. Table referensi dan table dinamik |
c. Table dinamik dan table static |
|
|
25. Di bawah ini yang merupakan field key dari suatu table pegawai perusahaan adalah:
|
a. nama pegawai (napeg) |
d. jabatan pegawai (japeg) |
b. gaji pegawai (gepeg) |
e. nomor induk pegawai (nipeg) |
c. golongan pegawai (gopeg) |
|
|
26. Salah satu kekurangan SDLC adalah hasil yang di peroleh sangat tergantung dari hasil pada tahap
|
a. design |
d. planning |
b. maintenance |
e. implementasikan |
c. analysis |
|
|
27. Dalam system pengajian di kenal istilah batch, maksud dari istilah tersebut yang paling tepat adalah |
a. gambaran kerja suatu aplikasi |
d. pemrosesan data offline |
b. pemrosesan data dengan metode interaktif |
e. pemrosesan data yang di tunda sesuai jadwal yang di tentukan |
c. pemrosesan data secara online |
|
|
28. Table yang beri data di masa lalu yang di pakai sebagai bahan pengecekan dan pencocokan ke validasi an data di masa mendatang adalah: |
a. table history |
d. table output |
b. table back-up |
e. table dinamik |
c. table master |
|
|
29. Table pegawai termasuk ke dalam kelompok parameter file
|
a. kode file |
d. type file |
b. nama file |
e. organisasi file |
c. akronim file |
|
|
|
Post a Comment